IPNews. Jakarta. Kasubsi Prapenuntutan Pidana Umum Kejaksaan Negeri Jakarta Pusat (Pidum Kejari Jakpus) Danang Dermawan. SH.MH dan Frederick C. Simamora. SH.MH mengikuti pelaksanaan sidang Yustisi Penegakan Perda Provinsi DKI Jakarta No 8 Tahun 2007 tentang Ketertiban Umum di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat (PN Jakpus), sekitar pukul 08.30 WIB.

Sebanyak 15 pelanggar dan berjumlah 15 kasus pelanggaran yang kebanyakan pedagang kali lima menjalani sidang Yustisi tersebut, ujar Kasi Intel Kejari Jakpus, Bani Immanuel Ginting, kepada wartawan (3/3).

“Mereka menjalani sidang Yustisi ini karena mereka tidak mematuhi, melanggar Perda Nomor 8 Tahun 2007 tentang ketertiban umum.

Bani mengungkapkan, dalam persidangan ini penyidik PPNS dan Satpol PP Jakpus menghadirkan para pelanggar Perda kedepan persidangan.

Kemudian para pelanggar disidangkan oleh hakim tunggal Endang, dan dijatuhkan sanksi berupa denda. Berdasarkan Perda Nomor 8 Tahun 2007 dengan nominal denda bervariasi sejumlah Rp 150 ribu hingga Rp 500 ribu dengan menyesuaikan pasal yang dilanggar.

Denda yang dijatuhkan kepada pelanggar semua ditentukan melalui keputusan hakim tunggal Endang,

Tetapi, Lanjut Bani, “Setelah hakim sudah memutus, maka para pelanggar akan membayar denda tersebut kepada Jaksa eksekutor pada Kejaksaan Negeri Jakarta Pusat. tukasnya.

Sedangkan sidang Yustisi yang serupa akan dilaksanakan kembali pada 12 Mei 2023. (Her)

Bagikan :