IPNews. Jakarta. Jaksa Agung Dr ST Burhanuddin, membuka Pendidikan dan Pelatihan Pembentukan Jaksa (PPPJ) Angkatan 77 tahun 2020, secara virtual di Badan Pendidikan dan Pelatihan (Badiklat) Kejaksaan Ragunan Jakarta Selatan. Selasa (8/9/2020).

Kali ini, berbeda dari tahun -tahun sebelumnya, upacara pembukaan PPPJ Angkatan 77 tahun 2020 ini dari Aula Badan Pendidikan dan Pelatihan (Badiklat) Kampus A Kawasan Ragunan, Jakarta Selatan, dilaksanakan secara virtual dan diikuti oleh seluruh peserta diklat dari satuan kerja masing-masing.

Dr Burhanuddin dalam sambutannya mengatakan,”peserta PPPJ Angkatan 77 ke depan harus memiliki nurani dan kepekaan untuk dapat menyeimbangkan hukum yang berlaku dengan turut memperhatikan nilai keadilan yang hidup di tengah masyarakat.

“Para peserta Diklat PPPJ Angkatan 77 mencermati persoalan terkait kesenjangan antara positivisme hukum dan nilai keadilan yang hidup di tengah masyarakat.

Katanya, realitas memperlihatkan acap kali penanganan kasus hukum masih terkesan belum berpihak pada masyarakat bawah. Terlebih masih kurangnya kepekaan aparat penegak hukum dalam menerapkan keadilan restoratif pada rakyat kecil, sehingga orientasi penyelesaian masih saja bertumpu pada penyelesaian di peradilan konvesional.

“Oleh karena itu, melalui diklat ini, sebagai generasi muda Adhyaksa sudah sepatutnya mengembangkan potensi dan kapasitas diri untuk menjadi lebih cerdas, berintegritas dan proaktif dalam menjawab aspirasi, tuntutan, serta harapan masyarakat di tengah tantangan dan hambatan yang ada,” kata Jaksa Agung.

“Keberadaan saudara-saudara merupakan faktor penting dalam melakukan penegakan hukum yang baik, benar, dan tepercaya. Kita yakin dan optimis, ikhtiar ini akan berkorelasi positif dalam menghadirkan Kejaksaan yang selalu relevan, bernilai guna, dan dapat diandalkan, terutama dalam memulihkan kembali kepercayaan masyarakat (public trust) pada penegakan hukum,” katanya.

Mengakhiri sambutannya, Jaksa Agung Burhanuddin meminta para peserta Diklat PPPJ Angkatan 77 harus tetap cermati seluruh proses pembelajaran dengan sungguh-sungguh dan penuh konsentrasi.

“Giatlah belajar, giatlah berlatih dan persiapkan diri saudara-saudara untuk menjadi seorang Jaksa yang memiliki integritas, profesionalitas dan kompetensi. Selain itu, di tengah pandemi Covid-19 ini, saya ingin ingatkan kembali untuk selalu menjaga kesehatan dan tetap disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan,” ucap Jaksa Agung Burhanuddin.(wan).

Bagikan :