IPNews. Kalbar. Tim Gabungan terdiri dari Koramil 04/Jawai, Polsek Jawai, Manggala Agni serta dibantu masyarakat sekitar terus melakukan tindakan antisipasipatif agar dapat mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan di Desa Sarang Burung Kuala, Jawai, Kabupaten Sambas Kalimantan Barat, Kamis (17/6/2021).

Selain itu, tim gabungan melakukan pengecekan terhadap sumber air jika sewaktu-waktu terjadi kebakaran.

Bukan hanya melakukan patroli tim gabungan juga melakukan sosialisasi kepada masyarakat agar tidak membakar hutan dan lahan karena akan berdampak buruk bagi kesehatan.

Babinsa Sarang Burung Kuala Koptu Darliyus mengungkapkan, “tim gabungan terus melakukan patroli bersama sebagai wujud kepedulian terhadap maraknya kebakaran yang terjadi di wilayah yang diakibatkan oleh faktor alam maupun kesengajaan dibakar oleh pemiliknya.

Sementara Andi salah satu warga yang ikut tergabung dalam kegiatan itu menuturkan, “dirinya ikut patroli sebagai wujud kepedulian kepada lingkungan, karena jika kebakaran hutan dan lahan terjadi kami juga merasakan akibatnya.

Ditempat terpisah, Komandan Koramil 04/Jawai Kapten Inf Nazirin mengatakan bahwa pihaknya terus memantau serta mensosialisasikan agar masyarakat membuka lahan pertanian, agar tidak membakar karena dampaknya akan merugikan banyak pihak.

“Saya sangat mengapresiasi kinerja Babinsa serta Tim Patroli Gabungan atas kinerja yang di tunjukan sehingga dapat memberikan masukan serta meminimalisir terjadinya kebakaran hutan dan lahan di wilayahnya,” ungkapnya. (pen/tim).

Bagikan :