IPNews. Jakarta. Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Dr. Aan Kurnia melakukan kunjungan kerja ke Markas Singapore Police Coast Guard (SPCG) dalam lawatan ke Singapura, Kamis (9/2/2023). Kunjungan ini dalam rangka memenuhi undangan dari SPCG untuk meningkatkan saling percaya dan kesepahaman antara kedua Coast Guard negara bertetangga.

Komandan SPCG SAC Cheang Keng Keong menyambut kedatangan Laksdya TNI Dr. Aan Kurnia beserta rombongan di Brani, Markas SPCG. Pada kesempatan ini, Kepala Bakamla RI selain mendapatkan penjelasan tentang tugas dan peran SPCG, juga sekaligus memberikan penjelasan tentang Bakamla RI.

Dalam diskusi yang berkembang, SPCG memahami khususnya peran Bakamla sebagai Point of Contact (PoC) isu-isu keamanan maritim yang diperlukan dalam operasi dan juga pengembangan kapasitas dan kapabilitasnya. Lebih jauh, SPCG sepakat untuk meningkatkan hubungan dan kerjasama melalui kegiatan port visit dan pelatihan personel serta pertukaran informasi yang lebih intens di waktu mendatang.

Kepala Bakamla RI juga berkesempatan meninjau dan menjajal manuver kapal patroli terbaru SPCG serta melihat fasilitas pelatihan Boarding, Close Quarter Battle, Capsize Vessel, dan Boat Operation and Handling.

Turut serta dalam rombongan Bakamla, Plt. Deputi Inhuker Laksma Bakamla Dr. Samuel Kowaas, Kepala Zona Maritim Barat Laksma Bakamla Hadi Pranoto dan Kabag Humas, Kolonel Bakamla Dr. Wisnu Pramandita. (Tim)

Bagikan :