IPNews.. Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonif 642/Kapuas terus menjaga sinergitas, bekerjasama dan saling berkolaborasi dengan CIQ (Customs, Immigration, Quarantine) serta Polri.

“Rapat Koordinasi (Rakor) yang diselenggarakan oleh pihak Kepolisian
Daerah (Polda) Kalimantan Barat,dihadiri langsung oleh Dansatgas pada hari Sabtu (6/2/2021) di Ruang Rapat Pos Lintas Batas Negeri (PLBN) Entikong, Kabupaten Sanggau.

Dalam Penyampaianya. Dansatgas Pamtas RI – Malaysia Yonif 642/Kapuas, Letkol Inf Alim Mustofa dalam rilis tertulisnya di Mako Satgas Yonif 642, Entikong, Kab. Sanggau, Minggu (7/2/2021), ” bahwa kegiatan seperti ini sangat bagus untuk menjaga stabilitas keamanan di wilayah perbatasan yang mencakup semua aspek dan instansi. 

“Kerjasama yang solid antar instansi di perbatasan harus senantiasa ditingkatkan untuk menciptakan situasi yang kondusif,” ungkapnya.

Dansatgas juga menegaskan sinergitas di perbatasan merupakan sebuah pondasi kuat dalam upaya menjaga wilayah NKRI dari berbagai ancaman dari luar. Dalam Rakor tersebut dibahas mengenai isu dan permasalahan terkini seputar PLBN Entikong pada masa pandemi Covid-19 serta peran serta Kepolisian Republik Indonesia di wilayah perbatasan Entikong.

Diharapkan dengan diadakannya rapat koordinasi, permasalahan-permasalah di wilayah perbatasan serta masukan-masukan dari semua instansi dan lembaga yang berada di PLBN Entikong dapat terangkum guna mempersiapkan langkah dan strategi secara bersama-sama dalam menghadapi berbagai persoalan terkini di wilayah perbatasan.

Letkol Inf Alim Mustofa mengungkapkan, “peran Satgas Yonif 642 di wilayah perbatasan dan sinergitas yang sudah terjalin dengan sangat baik hingga saat ini bersama pihak CIQ dan Polri. “Sinergitas kami bersama CIQ dan Polri terjalin dengan sangat erat di wilayah perbatasan ini, dalam setiap kegiatan disini kami selalu bekerjasama dengan pihak-pihak terkait khususnya di wilayah kerja perbatasan Entikong ini,” ujarnya.

Hadir pada kegiatan tersebut, Kapolda Kalimantan Barat Irjen Pol Remigius Sigid Tri Hardjanto, beserta para pejabat utama Polda Kalimantan Barat, Bupati Sanggau Paolus Hadi, S.IP., M.Si., Kepala Administrator PLBN Entikong, Kapolres Sanggau AKBP Raymond M Masengi, Kodim 1204/Sgu , Kepala Administrator PLBN Entikong, Jajaran Pimpinan CIQ Entikong, Danramil Entikong, Pimpinan BP2MI Pontianak, beserta beberapa Pimpinan Kepolisian yang berada dalam lingkup Polda Kalimantan Barat.

Rapat Koordinasi yang diadakan di Ruang Rapat PLBN Entikong ini, mengusung tema Peningkatan Sinergitas dan Kolaborasi Antar Lembaga – TNI dalam rangka Transformasi Menuju Polri yang Presisi. Dalam kesempatan tersebut, Wakapolda Kalimantan Barat beserta jajaran juga mengunjungi Mako Satgas Yonif 642/Kapuas untuk menjalin silaturahmi dengan seluruh personel Pamtas Pos Komando Taktis Entikong, Kab. Sanggau. (Pen/red).

Bagikan :