PJ Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono saat mengunjungi booth SMK Negeri 55 Jakarta dalam acara Jakarta Innovation Days, di Balai Kota Jakarta

IPNews. Jakarta. Pj Gubernur DKI Jakarta ,Heru Budi Hartono, mengapresiasi motor listrik konversi karya siswa SMK Negeri 55 Jakarta pada Jakarta Innovation Day yang digelar pada 25-27 September 2023 di Balai Kota Pemprov DKI Jakarta.

“Teruslah berinovasi dan berkarya,” ujar Heru Budi Hartono, memberikan semangat kepada siswa dan guru saat mengunjungi booth SMKN 55 Jakarta, sebagaimana tertuang dalam keterangan tertulis PLN Unit Induk Distribusi Jakarta Raya, Selasa (17/10/2023).

Motor listrik konversi ELVIS atau Electric Vehicle Conversion merupakan program kerjasama antara PLN Unit Induk Distribusi Jakarta Raya dengan SMK Negeri 55 Jakarta. Tahun 2022 PLN UID Jakarta Raya berkolaborasi dengan SMKN 55 Jakarta telah mengkonversi 5 motor BBM menjadi motor listrik. Tujuan program ini yaitu memberikan pengetahuan terhadap siswa terkait konversi motor listrik untuk mengembangan ekosistem EV di Indonesia.

PJ Gubernur Heru Budi Hartono melihat langsung motor listrik konversi karya siswa SMKN 55 Jakarta. Sumber foto: Diskominfo DKI Jakarta

Mengangkat tema “Urban Innovation for Sustainable Jakarta”, Jakarta Innovation Day dilaksanakan sebagai bentuk apresiasi terhadap seluruh inovator, baik yang berasal dari masyarakat maupun pemerintah, termasuk SMKN 55 Jakarta dalam mendukung tujuan pembangunan Jakarta menjadi kota global yang berkelanjutan. Konversi motor listrik merupakan salah satu aspek dalam mendukung pemerintah dalam pencapaian Net Zero Emission 2060.

Lasiran, General Manager PLN UID Jakarta Raya menyampaikan bahwa pengembangan ekosistem kendaraan listrik harus dikerjakan bersama melibatkan berbagai pihak, termasuk bidang pendidikan. PLN Peduli memberikan ruang bagi siswa SMK untuk mempelajari konversi kendaraan BBM menjadi listrik. Ia mengharapkan siswa dapat turut andil pencapaian tujuan global dan Indonesia untuk pembangunan yang mengedepankan keberlanjutan.

Adrian, salah satu siswa SMKN 55 Jakarta, yang ikut mengkonversi motor konvensional menjadi motor listrik menjelaskan proses konversi yang mereka lakukan kepada PJ Gubernur DKI Jakarta. Sumber foto: Diskominfo DKI Jakarta

Kepala SMKN 55 Jakarta Djamilah menjelaskan, program konversi motor listrik ternyata menarik minat banyak siswa sehingga dijadikan sebagai pelajaran intrakurikuler dengan harapan bisa dimasukkan ke dalam kurikulum sekolah pada tahun depan.

“Alhamdulillah, tahun lalu kita diberi tantangan untuk konversi lima motor oleh PLN dan peralatannya juga masih ada sehingga bengkel pembelajarannya siap, ditambah lagi siswa ini sangat semangat untuk belajar konversi motor listrik, maka kami menjadikan konversi motor listrik ini sebagai pelajaran intrakurikuler wajib,” jelas Djamilah.

Sekilas Tentang PLN UID Jakarta Raya

PLN Unit Induk Distribusi Jakarta Raya adalah salah satu unit di bawah PT PLN (Persero) yang menjalankan fungsi pendistribusian listrik sampai ke pelanggan. PLN mengusung agenda Transformasi dengan aspirasi Green, Lean, Innovative, dan Customer Focused demi menghadirkan listrik untuk Kehidupan yang Lebih Baik.

Mengimplementasikan aspirasi tersebut yang dengan tetap mendukung program Pemprov DKI Jakarta, PLN UID Jakarta Raya melengkapi dengan Jakarta Smart Electricity (JSE) 3.0 dengan 6 pilar yaitu Smart Services, Smart Business, Smart Infrastructure, Smart Living, Smart Mobility, dan Smart Sustainibility. PLN dapat dihubungi melalui aplikasi PLN Mobile yang tersedia di PlayStore atau AppStore. (Tim)

Bagikan :