IPNews. Jakarta. Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) menjalin kerjasama kemitraan dengan Assosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI) dalam program Bangga Kencana dan Percepatan Penurunan Stunting yang berlangsung di Hotel Sahid, Jakarta, Selasa (7/2/2023).

Kerjasama kemitraan ini sebagai upaya untuk percepatan penurunan stunting yang menjadi fokus BKKBN dalam tumbuh dan kembang anak, sehingga terciptanya kehidupan melalui keluarga yang sehat bagi anak.

“Kita harus bersinergi dengan stakholder untuk saling mengisi tupoksi dalam penurunan stunting di berbagai wilayah, maka dengan itu kita harus bersama-sama fokus dengan program yang sudah menjadi titik sentral kita bersama,” kata Kepala BKKBN Dr. (H.C) dr. Hasto Wardoyo, Sp.OG (K) dalam keterangannya usai acara.

Kolaborasi ini menjadi upaya yang harus berjalan demi menjajaki wilayah-wilayah yang rentan dengan kurang asupan gizi, kata Kepala BKKBN

Ketua Umum APDESI Arifin Abdul Majid. S, S.Sos., MM, berterima kasih pada BKKBN atas jalinan kerjasama kemitraan ini.

“Kita siap menjadi bagian dalam program bangga kencana dan percepatan penurunan stunting melalui advokasi, penyuluhan dan lain sebagainya.

Menurutnya, penandatangan MoU ini menjadi starting point bagi APDESI ikut terlibat langsung dalam membantu BKKBN dalam percepatan penurunan stunting.

“DPP APDESI akan membuat setplan utama peningkatan gizi melalui penyuluhan maupun menciptakan pola keluarga yang ideal,” pungkas Arifin.

Suparman selaku salah satu Ketua DPP APDESI mengaku siap menjalankan program yang telah dicanangkan APDESI Bersama BKKBN.

“kami siap mensosialisasikan isi kerjasama kemitraan tersebut ke seluruh anggota APDESI” ujar Suparman yang menjabat Kepala Desa Tanjung Morawa, Deli Serdang, Sumatera Utara.

Sedangkan Sekretaris Jenderal DPP APDESI, Muksalmina menjelaskan bahwa Kerjasama kemitraan ini akan jadi penyemangat bagi APDESI, agar senantiasa bersinergi bersama pemerintah dan stakholder lainnya.

“Khususnya dalam upaya menurunkan dan pencegahan stunting, serta mempercepat penurunan prevalensi stunting. Kami telah berkomitmen akan selalu mendukung pemerintah dalam hal yang positif,” katanya.

Seperti diketahui Kegiatan Rapat Koordinasi Teknis (Rakornis) Kemitraan 2023 yang dibuka oleh Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Prof. Dr. Muhadjir Effendy, M.AP dan dihadiri Panglima TNI periode 2021-2022 Jenderal TNI (Purn) Andika Perkasa, SE.MA.MSc.
M.Phil., Ph.D yang menerima penghargaan berupa piagam apresiasi karena telah memberikan dukungan dan komitmen yang luar biasa kepada BKKBN dalam program Bangga Kencana dan upaya mempercepat penurunan stunting, (Red)

Bagikan :