Pelantikan 40 Anggota PPK oleh Ketua KPU Jakbar Endang Istianti (foto)

IPNews. Jakarta. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Jakarta Barat melantik 40 anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) untuk mendukung kelancaran demi suksesnya dalam penyeleggaraan Pemilihan Gubernur (Pilgub) dan Wakil Gubernur DKI Jakarta 2024.

Dalam pelantikan 40 PPK tersebut, dihadiri Walikota Jakarta Barat Uus Kuswanto, bertempat di Aula Ali Sadikin Kantor Walikota Jakarta Barat, Kamis (16/5/2024)

Ketua KPU Kota Jakarta Barat Endang Istianti, mengatakan bahwa jumlah PPK yang dilantik hari ini ada 40 orang dan sesuai dengan jumlah kecamatan,” yang disini ada 8 kecamatan. “Jadi masing-masing kecamatan ada lima orang PPK.

Setelah dilantik, mereka akan menjalani bimbingan teknis (bimtek) khusus PPK. Mereka akan bekerja selama delapan bulan.

“Secara regulasi kita, sesuai dengan SK (Surat Keputusan) tadi kita sudah sampaikan, mereka akan bertugas selama delapan bulan, terhitung mulai hari ini, dan akan berakhir sampai pada 27 Januari 2025,” kata Endang Istianti, di sela pelantikan PPK.

Endang Istianti menjelaskan bahwa PPK membantu tugas dan wewenang dari KPU di wilayah kecamatan dan kelurahan, seperti pemutakhiran data pemilih, proses sosialisasi ke masyarakat, dan kegiatan yang berhubungan dengan logistik.

“Saya berharap teman-teman PPK bisa langsung berbaur dan bekerja, serta dapat menjalin koordinasi dan berkomunikasi dengan para pimpinan wilayah di kecamatan,” katanya.

Kemudian mereka harus pleno. Pertama, habis ini (dilantik) mereka harus pleno menentukan siapa ketua dan pembagian divisi,” jelas Isti.

Sementara itu, Wali Kota Uus Kuswanto, usai mengucapkan selamat kepada PPK yang baru dilantik, ia berpesan agar mereka segera bekerja sesuai ketentuan serta selalu menjaga integritas dan nama baik Jakarta Barat.

“Selamat melaksanakan tugas dan tanggung jawab. Tugas ke depan sudah menunggu, bukan pekerjaan mudah, ringan, tapi menyangkut nama baik bangsa dan Negara. Karena Pemilukada Jakarta menjadi barometer untuk tingkat nasional,” imbuh Uus.

Untuk itu, ia setuju apa yang disampaikan Ketua KPU Jakbar. “Kepada seluruh PPK Jakarta Barat agar menjaga nama baik, integritas. Karena sukses tidaknya pelaksanaan Pemilukada di Jakarta salah satunya adalah tergantung kesuksesan PPK di masing masing kecamatan.

Uus Kuswanto optimistis dengan semangat kebersamaan, integritas dan penuh tanggung jawab, Pemilukada Jakarta akan Sukses.

“Saya yakin di bawah kendali Ketua KPU Jakarta Barat, teman-teman PPK bisa bekerja baik, tuntas, sukses dan bisa menghantarkan Gubernur Jakarta terpilih yang terbaik tahun 2024. (Bgs/JP)

Bagikan :