IPNews. Jakarta. Badan Pengawas Pemilihan Umum Jakarta Barat (Bawaslu Jakbar) resmi melantik 24 anggota Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) menjelang bergulirnya Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) pada November 2024 mendatang.

Prosesi pelantikan yang dipimpin langsung oleh Ketua Bawaslu Kota Jakbar Wanda Gunawan Humala Daulay tersebut, berlangsung di Santika Premier Hotel, Jumat (24/5/2024).

Menurut Koordinator Divisi SDM Organisasi, Pendidikan dan Pelatihan Bawaslu Kota Jakbar Fitriani, anggota panwas terpilih telah terlebih terlebih dahulu melewati rangkaian proses seleksi. Di antaranya seleksi pemberkasan, computer assigned test (CAT), dan wawancara.

“Secara umum panwascam ini menempuh dua jalur seleksi, pertama jalur existing melalui evaluasi, yang kedua tentu jalur baru,” kata Fitriani, Jumat (24/5/2024).

Fitriani berharap, agar 24 anggota panwascam terpilih dapat memegang integritas sebagai pengawas pilkada 2025 nantinya. Ia menyebut ke depan tantangan integritas penyelenggara pemilu maupun pilkada akan menjadi sorotan nasional.

“Harapannya ke depan anggota panwascam se-Kota Jakbar dapat menjaga komitmen dan integritas mereka,” ungkap Fitriani.

Kemudian ia mengatakan, usai dilantik 24 anggota panwascam terpilih akan diberikan bekal melalui bimbingan teknis (bimtek) yang berlangsung pada 24-25 Mei 2024 di Santika Premier Hotel, Jakarta Barat.

Ia juga menjelaskan tugas terdekat yang diemban oleh anggota panwascam adalah proses rekrutmen anggota Pengawas Kelurahan/Desa (PKD).

“Panwascam punya wewenang merekrut sebanyak 56 PKD se-Kota Jakbr, setelah bimtek mereka akan menghadapi proses seleksi PKD,” sebut Fitriani.

Menurut Fitriani, proses wawancara seleksi anggota PKD se-Kota Jakbar sendiri akan digelar pada 27-28 Mei 2024. (JP/Bgs)

Bagikan :