feafb772cd69cc3f1f7fba4f253ea883.jpg?>

TNI Bersama Polri dan CIQ PLBN Sota Cegah Virus Corona di Perbatasan RI-PNG

Kategori : Nasional | Sub Kategori : Nasional Di Update Pada 2020-03-22 12:46:17


TNI Bersama Polri dan  CIQ PLBN Sota Cegah Virus Corona di Perbatasan RI-PNG

Merauke. Mencegah penyebaran Virus Corona atau Covid-19, TNI -  Polri bersama dengan CIQ (Custom, Immigration, Quarantine) PLBN Sota sepakat bersinergi meningkatkan berbagai upaya pencegahan penyebaran Virus Corona di wilayah Perbatasan RI-PNG, Distrik Sota.

Hal tersebut disampaikan Dansatgas Pamtas RI-PNG Yonif Mekanis Raider 411/Pandawa Kostrad Mayor Inf Rizky Aditya S.Sos., M.Han., dalam rilis tertulisnya di Merauke, Papua, Sabtu (21/3/2020).

Lebih lanjut dijelaskan bahwa dalam rangka membahas tindak lanjut aksi pecegahan penyebaran Virus Corona di perbatasan RI-PNG khususnya di Kampung Sota, Distrik Sota, TNI - Polri dan Unsur CIQ PLBN Sota melaksanakan apel pagi dan patroli bersama untuk menggalakkan sosialisasi gerakan hidup sehat sebagai salah satu upaya mencegah tertularnya Virus Corana.

Terlibat dalam kegiatan apel pagi Sabtu (21/3/2020), yakni Satgas Yonif Mekanis Raider 411 Kostrad Pos Kout Sota, Koramil 1707-16/Sota, Polsek Sota, Bea Cukai Sota, Kantor Imigrasi Sota, Stasiun Karantina Ikan Sota, Stasiun Karantina Pertanian Wilker Sota, Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Wilker Sota dan Puskesmas Sota.

Saat ini kita berada pada tahap upaya pencegahan penyebaran Virus Corona. Hari ini kita sama-sama berkomitmen untuk meningkatkan sinergi dan selalu berkordinasi dengan seluruh pihak agar wilayah perbatasan,khususnya Kampung Sota tidak menjadi tempat penyebaran Virus Corona,” ujar Mayor Inf Rizky Aditya.

Dansatgas juga menambahkan bahwa “Kita merencanakan untuk melaksanakan aksi bersama pada hari Senin (23/3/2020) untuk membersihkan tempat-tempat pelayanan publik, kantor, sekolah, serta rumah ibadah dengan melakukan penyemprotan disinfektan”.

“Sesuai dengan himbauan Bupati Merauke yang ditujukan kepada Tim CIQS Merauke pada tanggal 16 Maret 2020, aktivitas pelintas batas baik dari Papua New Guinea ke Indonesia atau sebaliknya sudah kita larang dan kita tutup agar fokus kepada upaya pencegahan penyebaran Covid-19 yang telah menjadi Pandemi dunia,” tuturnya.

Sementara itu, dr. Sari Nainggolan dari Puskesmas Sota menghimbau yang hadir mengikuti apel pagi dan patroli bersama agar selalu mengingatkan akan pentingnya menjaga pola hidup sehat, menjaga jarak/social distancing measures, olahraga dan istirahat yang cukup guna tercegah dari penyebaran Virus Corona.

Turut hadir diantaranya Pasiter Satgas Kapten Arm Imam Ari Setiawan, Kapolsek Sota Iptu Makruf Suroto, Babinsa Kampung Sota, Dokter Puskesmas Sota, Petugas Bea Cukai Sota, Petugas Kantor Imigrasi Sota, Stasiun Karantina Ikan Wilker Sota, Stasiun Karantina Pertanian Wilker Sota, Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Wilker Sota.(vi/ag)